Saturday 28 March 2015

Jangan gunakan ucapan RIP bro..

Akhir bulan ini(maret), beberapa Publik Figur kita meninggal. Yani salah satu personil TRIO LIBELS dan kemudian Olga Syaputra yang merupakan artis kondang tanah air. Kepergian mereka tentunya sangat meninggalkan luka yang mendalam, baik untuk keluarga maupun para Vansnya.
 
Banyak sekali ucapan dari para Vans maupun orang terdekat mereka, dan media yang digunakan juga beragam, ada yang melalui twitter, facebook dan media online lainya. Namun yang unik dari ucapan-ucapan yang ditulis netizen sebagai ungkapan bela sungkawa adalah "innaa lillahi wa innaa ilaihi rooji’un" melainkan "Rest In Peace(RIP)". Mungkin ini bukan sebuah masalah yang besar, tapi terkadang, jika kita mengabaikan hal-hal kecil seperti ini, takutnya malah jadi suatu kebiasaan yang dapat melupakan suatu kewajiban kita sebagai muslim.
 
Seperti hastag #RIPOlgaSyahputra yang menjadi tranding topics di twitter.
Mungkin kita bisa saja bilang, "ah sudahlah, hal ini biasa saja, terlalu lebay untuk di bahas!". Tapi sebiasa apa jika semua anak muda kini tak menggunakan kalimat "innaa lillahi wa innaa ilaihi rooji’un" ?.

Apakah dengan ingin terlihat kren, lalu kita menggunakan istilah yang tidak berdasarkan dalil Al-Qur’an & As-Sunnah ?. Taukah kamu kalo ucapan "RIP" itu adalah kebiasaan kaum Nasrani ?, jika kamu tau, maka coba hubungkan dengan hadist Nabi Kita Muhammad SAW.
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia bagian dari mereka.” [HR. Abu Daud dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu’anhuma, Al-Irwa’: 1269].

Saya bangga jika hastag yang jadi tranding topics itu
#InnaaLillahiWaInnaaIlaihiRooji’unOlga

How about you ?

0 komentar:

Post a Comment